in

Tips!! Apa Itu Oralit yang Sering Dikonsumsi Saat Sahur

#image_title

Biasalah.news – Apa itu oralit? Baru-baru ini, minum oralit yang bisa menahan rasa haus dan lemas saat berpuasa menjadi viral di media sosial.

Beberapa orang telah mencobanya dan mengatakan bahwa mereka berhasil menahan rasa haus sepanjang hari dengan mengkonsumsi oralit.

Alhasil, tren ini mendorong masyarakat untuk melakukan panic buying. Mereka yang benar-benar membutuhkan oralit malah tidak mendapat bagian.

“Kayaknya gara-gara rame di base sebelah, aku barusan nyari ini ke 4 apotek dekat rumah tapi cuma dapat 3 sachet doang karena pada habis. Padahal buat nenekku yg emang lagi diare, plis gais jangan panic dan over buying yaa,” ujarnya. katanya di Twitter.

Apa Itu Oralit?

Mengutip UNICEF, oralit atau Oral Rehydration Salt (ORS) adalah campuran garam dan gula yang dilarutkan dalam air murni untuk mengatasi dehidrasi.

Penyebabnya antara lain diare parah, serangan panas, atau penyakit lain yang menyebabkan dehidrasi. Produk ORS yang tersedia secara komersial seperti minuman sachet dapat diperoleh dari apotek. Sering tersedia dalam rasa yang berbeda.

Baca Juga : Apa Itu Cuaks yang Sering Muncul di Media Sosial?

Dosis Oralit

Dikutip dari Health Navigator, dosis oralit tergantung pada usia dan seberapa parah dehidrasinya. Ini panduannya.

  • Anak 1 bulan – 1 tahun: 1-1,5 kali jumlah makanan biasa.
  • Anak-anak berusia 1-12 tahun: 200 ml (sekitar 1 cangkir) setelah setiap buang air besar.
  • Anak-anak dan orang dewasa di atas 12 tahun: 200-400 ml (sekitar 1-2 gelas) setelah setiap buang air besar.

Penting untuk diingat! Jangan gunakan oralit sembarangan. Ikuti dosis yang ditunjukkan oleh staf medis dan informasi produk komersial yang tercantum.

Cara Mengkonsumsi Oralit

Jika Anda atau anak Anda tidak dapat meminum semua dosis yang diperlukan sekaligus, cobalah meminumnya dalam dosis kecil dalam jangka waktu yang lebih lama. Anda juga bisa menggunakan sedotan atau mendinginkan larutan.

  • Oralit harus mulai bekerja dengan cepat dan dehidrasi biasanya membaik dalam 3-4 jam.
  • Oralit tidak boleh digunakan untuk mengobati diare selama lebih dari dua atau tiga hari kecuali direkomendasikan oleh dokter.
  • Sebaiknya gunakan air biasa saja untuk mencampurkan oralit, jangan gunakan susu, jus atau tambahan gula atau garam. Ini karena oralit mengandung campuran gula dan garam yang membantu penyembuhan tubuh.
  • Hindari minuman berkarbonasi, jus murni, teh, kopi, dan minuman olahraga, karena kandungan gulanya yang tinggi dapat meningkatkan dehidrasi.
  • ORS umumnya aman dan biasanya tidak memiliki efek samping.

Sumber : Detik.com

Buat Website Mudah dan Cepat

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Video pemuda mabuk ditilang polisi di Sukoharjo, Jawa Tengah

VIRAL, Pemuda Mabuk Ditilang Polisi Malah Bahas Balas Budi

Drawing Piala Dunia U20 2023 Dibatalkan, Apa Saja Dampaknya?