in

Xylazine, Obat Penenang Menjadi Obat Zombie di Philadelphia

obat penenang xylazine

Biasalah.news – Setelah banyak penduduk yang mengalami kecanduan obat penenang xylazine atau “obat zombie”, Philadelphia berubah menjadi kota zombie.

Banyak video di media sosial menunjukkan bagaimana xylazine membuat orang Philadelphia terlihat seperti zombie dan membuat kota itu begitu menakutkan. Alhasil, obat tersebut kini dikenal sebagai “obat zombie”.

Peredaran xylazine tidak terkendali. Akibatnya, pada Selasa, 30 Mei 2023, regulator kesehatan AS mengeluarkan peringatan impor untuk bahan obat dan produk terkait xylazine, lapor Reuters.

Suasana di kota Philadelphia setelah banyak warga yang kecanduan obat penenang Xylazine atau "obat zombie"

Lalu apa itu xylazine, yang dikenal sebagai obat penenang atau obat zombie?

Seperti dikutip dari WebMD, xylazine adalah obat yang biasa disebut sebagai “obat penenang”, yang merupakan pereda nyeri non-opioid sedatif.

Xylazine sebagian besar dicampur atau dipalsukan dengan opioid lain seperti heroin, fentanyl, dan kokain, dan digunakan sebagai aditif.

Campuran Tranq dapat meningkatkan atau meniru efek aditif narkotika. Bahkan, obat penenang sekarang umum, terhitung hingga 15% dari tes fentanyl.

Namun, paparan campuran bahan kimia dapat memiliki efek kesehatan yang berbahaya dan mengancam jiwa.

Padahal, efek samping dari penyalahgunaan obat Xylazine bisa menimbulkan luka yang mengerikan (necrotizing skin ulcers atau ulkus kulit nekrotik) pada kulit.

Hal inilah yang membuat kulit orang yang kecanduan xylazine terlihat seperti zombie.

Kematian akibat overdosis Xylazine terus meningkat. Akibatnya, penyalahgunaan obat ini menyebabkan xylazine atau tranq ini secara luas disebut sebagai “obat penenang” atau “obat zombie”.

Baca juga: Gara-Gara Benadryl Challenge, Bocah 13 Tahun Tewas Overdosis

Xylazine, obat penenang hewan non-opioid, semakin banyak ditemukan dan dipasok sebagai obat terlarang di Amerika Serikat, menurut CDC. Obat ini juga dikaitkan dengan overdosis yang fatal.

Penyalahgunaan obat juga berkontribusi terhadap krisis opioid, dengan fentanyl yang dicampur dengan xylazine dinyatakan sebagai ancaman oleh White House’s Office of National Drug Control Policy.

Kasus overdosis obat zombi ini juga banyak diberitakan. Di Philadelphia, Pennsylvania, xylazine ditemukan pada 31% kematian akibat overdosis heroin dan/atau fentanyl pada tahun 2016.

Menurut CDC, xylazine tidak disetujui untuk digunakan pada manusia dan tidak boleh dibeli tanpa persetujuan dokter hewan.

Obat penenang, pertama kali dibuat  oleh Bayer HealthCare Pharmaceuticals pada tahun 1962, dirancang sebagai penekan sistem saraf pusat, lapor WebMD.

Dokter hewan sering menggunakan obat penenang xylazine untuk menenangkan, menghilangkan rasa sakit, atau sebagai pelemas otot pada hewan seperti anjing, kucing, dan kuda.

Pereaksi xylazine ini biasanya dijual dalam bentuk cairan bening. Efek obat ini pada hewan biasanya dimulai dalam beberapa menit dan bertahan hingga 4 jam.

Sumber: Kompas.com

Buat Website GRATIS!!!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

VIRAL!! Link WA Me Settings Bikin WhatsApp Error!!