in

Selamat Hari Jomblo Sedunia 11 November 2022!, Berikut Asal-Usulnya

#image_title

Biasalah.news – Selamat Hari Jomblo Sedunia! Hari Jomblo Sedunia atau World Single Day diperingati setiap tanggal 11 November. Peringatan ini menjadi momen bagi para jomblo alias orang lajang untuk menunjukkan.

Lantas, bagaimana asal-usul peringatan Hari Jomblo Sedunia 11 November?

Dilansir Biasalah.news, Hari Jomblo Sedunia lebih dikenal dan banyak dirayakan di Cina setiap tanggal 11 November. Saat momen itu tiba, para jomblo di Tiongkok akan menunjukkan kebanggaan mereka pada status lajang mereka.

Umumnya, para lajang itu merayakan Hari Jomblo Sedunia dengan cara membahagiakan diri sendiri. Misalnya lewat hal-hal tertentu, seperti menikmati makanan enak, membeli hadiah, jalan-jalan, sampai berbelanja.

Asal Usul Hari Jomblo Sedunia

Hari Jomblo Sedunia atau World Single Day berawal dari mahasiswa Universitas Nanjing, Tiongkok. Pada tahun 1993, mahasiswa Universitas Nanjing merayakan status jomblo mereka.

Ternyata, alasan peringatan Hari Jomblo Sedunia pada tanggal 11 November karena 11 11 atau 11 November menyerupai empat batang kayu telanjang atau ‘bare stick’. Hal itu merupakan bahasa gaul Cina yang artinya lajang.

Baca Juga: Alba Baptista, Aktris Muda Asal Portugal Pacar Chris Evans

Dalam perjalanannya, Hari Jomblo Sedunia sempat diidentikkan dengan gerakan anti valentine. Selanjutnya, pada tahun 2009, pendiri e-commerce Alibaba, Jack Ma mengubah peringatan tersebut. Dia mengajak kaum jomblo di Tiongkok untuk merayakan festival belanja.

Berbagai macam brand ikut serta dalam memberikan diskon besar-besaran untuk memeriahkan momen tersebut. Banyak e-commerce yang menawarkan diskon besar untuk berbagai produk mereka dan dijual selama 24 jam. Inisiatif ini diinisiasi oleh platform milik Alibaba, yakni Tmall.

Sementara menurut informasi dari laman Forbes, Hari Jomblo Sedunia kemudian diidentikkan sebagai ajang untuk berbelanja. Peringatan ini tidak jauh berbeda Black Friday dan Cyber Monday yang diperingati di Amerika Serikat maupun Eropa.

Acara tersebut berkaitan erat dengan e-commerce Alibaba. Selain itu, Alibaba juga mengadakan acara pertunjukan dengan mengundang beberapa selebriti ke Shanghai untuk tampil di acara tersebut yang disiarkan di televisi.

Saat Hari Jomblo Sedunia tahun 2017, grup Alibaba mencatat pembelian paling tinggi berasal dari peralatan rumah tangga, elektronik, dan peralatan mobil. Jack Ma pernah membuka gudang otomatis yang dikelola oleh robot karena pesanan yang membludak.

Meski begitu, acara belanja terbesar dalam Hari Jomblo Sedunia ini belum dirayakan di seluruh dunia. Sementara itu di Indonesia, peringatan Hari Jomblo Sedunia juga tidak begitu populer dilakukan.

Buat Website Murah dan Cepat

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Itjen Kemenperin Gelar Joint Audit dengan BPKP Untuk Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Ivar Janner dan Justin Hubner Gabung TC Meski Statusnya Ngambang