in ,

Rekor MURI, Ribuan Anak dan Orang Tua di Jember Main Angklung

#image_title

Biasalah.news – 1.682 anak dan orang tuanya memainkan alat musik tradisional Angklung bersama-sama di Alun-alun Jember. Aksinya ini tercatat di Museum Rekaman Indonesia (MURI).

Acara yang diikuti oleh 3.364 peserta ini merupakan prestasi tersendiri bagi Jember karena mereka memainkan alat musik angklung bersama sebagian besar pasangan mahasiswa dan orang tua mereka.

Myriam Juniati, ketua panitia kegiatan, mengatakan siswa dan orang tua dari SD  dan SMP Katolik Maria Fatima Jember berpartisipasi dalam permainan angklung. Juga siswa dan orang tua SMAK Santo Paulus Jember. Kegiatan ini merupakan upaya untuk menunjukkan keakraban antara orang tua dan anak.

“Jadi adanya kegiatan ini, kita juga memiliki tujuan untuk mengajak anak-anak mencintai warisan budaya Indonesia yaitu alat musik angklung. Kemudian syukur-syukur masyarakat Jember menyukai apa yang menjadi warisan dunia, yakni alat musik angklung yang juga sudah ditetapkan oleh Unesco pada 16 November 2010 lalu,” kata Myriam, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga : Video Viral Kecelakaan KA Logawa dengan Mobil Pickup Hingga Terbakar

Memainkan alat musik ini juga tidak membutuhkan latihan yang rumit dan keahlian khusus. “Tanpa pelatihan ekstensif dan keterampilan khusus. Alat musik angklung mudah  dimainkan.Tinggal ikuti atau ikuti petunjuk dari dirigen (konduktor) dan sudah bisa memainkannya,” ujarnya. Dalam kegiatan ini, peserta memainkan beberapa lagu. Diantaranya Laskar Pelangi, Bunda, Ambilkan BUlan Bu, Tanah Airku.

“Hari ini luar biasa, 16 November 2022 kami hadir ke alun-alun Kabupaten Jember untuk mencatat kegiatan spektakuler. Yaitu bermain angklung pasangan siswa dan orangtua dengan jumlah terbanyak. Ada 1682 pasang (3364 peserta), yang hari ini menunjukkan kepiawaiannya dalam bermain angklung,” kata Perwakilan MURI Sri Widayati.

“Sehingga kami menganugerahkan piagam penghargaan MURI ini, sekaligus juga memecahkan rekor dunia kepada pemrakarsa dan penyelenggara kegiatan. Yaitu Pemkab Jember, kepada Bapak Bupati, SMP Katolik Maria Fatimah, dan juga perkumpulan Darma Putri,” imbuhnya.

Buat Website Mudah dan Cepat 

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Joe Biden: Rudal Jatuh di Polandia Tak Mungkin Ditembakkan dari Rusia

WOW! Angklung Akan Menggema di Piala Dunia 2022 Qatar Nanti