in ,

Menikah Dengan Uang Hasil Membobol M-Banking, Berakhir Dibui

pasangan suami istri membobol m-banking untuk biaya menikah mereka

Biasalah.news – Maksud hati ingin menikmati pernikahan dengan tenang, pasangan suami istri ini justru berakhir di penjara. Pasalnya, mereka membobol m-banking dari ponsel yang mereka temukan untuk mendapatkan dana untuk menikah.

Kasus bermula saat pasangan MI (36) dan NH (24) menemukan ponsel Samsung Galaxy A3 di kawasan Mampang, Jumat (12/9/2022).

pasangan suami istri membobol m-banking untuk biaya menikah mereka

Kapolsek Mampang Prapatan, Kompol Mashuri mengatakan pasangan itu menyalakan ponsel tersebut dan melihat aplikasi mobile banking yaitu BRI Mobile.

“Mereka masuk ke rekening dengan menggunakan cara lupa password,” jelas Mashuri.

Setelah berhasil mengakses layanan mobile banking di ponsel, kedua pelaku melihat nilai lebih dari Rp120 juta di rekeningnya.

Gelap mata dengan jumlah saldo di m-banking, keduanya mentransfer Rp120.637.000 ke rekening NH.

Usai menerima uang curian tersebut, MI dan MH menggunakan uang tersebut untuk membayar biaya akad nikah di rumah NH di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada Minggu, 25 Desember 2022.

Kata Kasat Reskrim Polres Mampang Prapatan, Budi Laksono, uang curian tersebut juga digunakan oleh pasangan untuk membeli hadiah pernikahan dan dua ponsel.

“MI dan NH membeli perhiasan dan beberapa barang lainnya sebagai hadiah dengan sebagian besar uang curian itu hanya tersisa Rp 30 juta,” kata Budi.

Budi mengatakan kedua pelaku ditangkap dua hari setelah pernikahan. Saat itu MI dan NH baru saja tiba di stasiun Pasar Senen usai resepsi di Purworejo.

Budi berkata, “Kami menangkapnya ketika mereka kembali ke Jakarta, di stasiun Pasar Senen.”

Dari penangkapan MI dan NH, polisi menyita beberapa barang bukti antara lain empat telepon genggam, tiga kartu ATM, enam perhiasan emas, dan uang tunai Rp 5 juta.

Saat ini, kedua pelaku ditahan di Mapolres Mampang Prapatan untuk dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya.

Baca Juga: Viral Wanita Dituduh Mencuri Tanaman Hias di Sebuah Pameran

Branch Manager BRI Warung Buncit, Pamadi Purno Widodo mengatakan saat ini BRI sedang melakukan investigasi internal dan telah menyerahkan kejadian tersebut ke pihak berwajib.

BRI sangat menyayangkan kejadian korban kejahatan perbankan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Namun, bank hanya akan memberikan kompensasi kepada nasabah dalam kasus yang disebabkan oleh kelalaian sistem perbankan,” kata Parmadi.

Belajar dari pelajaran peretasan tersebut, BRI mengimbau nasabah untuk lebih berhati-hati dan menjaga kerahasiaan data pribadi dan perbankan untuk menjamin keamanan rekening tabungan.

Kerahasiaan data pribadi yang wajib dijaga antara lain berupa nomor rekening, nomor kartu operator, nomor identifikasi pribadi (PIN) nasabah serta password internet banking, password one time password (OTP), dan lain-lain.

Sumber: Kompas.com

Buat Website Gratis!!!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

mahasiswa ITS mengucapkan terima kasih kepada pelaku sepeda motor miliknya

Sepeda Motor Dicuri, Mahasiswa Ini Malah Berterima Kasih

nasi putih berbeda dengan gula pasir

Nasi Putih Semangkuk Sebabkan Kencing Manis, Ini Kata Dokter