in

Lakukan 7 Kebiasaan Ini Untuk Mencegah Kerusakan Gigi!

#image_title

Biasalah.news – Menurut Health, kerusakan gigi adalah kerusakan pada bagian terluar gigi yang disebut enamel, yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa jika dibiarkan begitu saja. Ada banyak cara untuk mengatasi kerusakan gigi, namun akan lebih baik lagi jika memulai kebiasaan tertentu yang mencegah kerusakan gigi.

Berikut adalah beberapa kebiasaan pencegahan kerusakan gigi yang baik yang dapat Anda coba.

Cara terbaik untuk mencegah kerusakan gigi adalah dengan menyikat gigi secara teratur.

Menurut Mayo Clinic, Anda harus menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan setelah makan dengan pasta gigi berfluoride.

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan gigi, karena kotoran yang tertinggal dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Dianjurkan juga untuk membilas mulut Anda dengan obat kumur berfluoride untuk membantu menghilangkan kotoran yang menempel.

Partikel makanan terkadang sulit dihilangkan dari sela-sela gigi hanya dengan menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumur.

Menurut Medical News Today, cara terbaik untuk menghilangkan kotoran yang sulit dibersihkan adalah dengan menggunakan benang gigi.

memakai benang gigi untuk mencegah kerusakan gigi

Baca Juga: 6 Camilan Sehat Yang Bisa Kamu Coba Untuk Memperlambat Penuaan

Banyak orang berpikir bahwa kunjungan ke dokter gigi hanya diperlukan untuk mengobati kerusakan gigi.

Tetapi, melakukan kontrol dengan dokter gigi setidaknya dua kali setahun lebih disarankan karena akan sangat berguna untuk mendeteksi adanya lubang pada gigi atau masalah kesehatan gigi lainnya sehingga bisa dicegah sebelum semakin parah.

Dilansir dari Medical News Today, dental sealant adalah pelapis gigi yang sangat tipis yang bisa diaplikasikan di gigi untuk mencegah serangan bakteri.

Dental sealant sudah terbukti efektif sebagai perlindungan terhadap gigi berlubang, bahkan hingga 80 persen dalam dua tahun pertama dan 50 persen selama 4 tahun berikutnya.

Kebiasaan nyemil bisa memicu bakteri untuk memproduksi asam yang akan merusak enamel gigi. Kurangi kebiasaan nyemil, khususnya makanan ringan yang mengandung gula tinggi, untuk menurunkan risiko gigi berlubang.

Makanan tertentu dapat tersangkut di sela-sela gigi dan menyebabkan kerusakan gigi. Namun, jenis makanan tertentu, seperti buah dan sayur serta minuman bebas gula, dapat membantu menghilangkan partikel makanan dari gigi Anda.

Kurangnya fluoride dapat menyebabkan kerusakan gigi, sehingga dokter biasanya akan merekomendasikan perawatan fluoride. Menurut laporan WebMD, fluoride diberikan dalam bentuk pil atau suplemen untuk membantu menjaga kesehatan gigi.

Kerusakan gigi akan sangat menyakitkan dan menyakitkan, sehingga sangat dianjurkan untuk menjaga kebiasaan baik untuk mencegah kerusakan gigi di atas.

Anda juga disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter gigi jika Anda merasa tidak nyaman sehingga Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Sumber: Kompas.com

Buat Website GRATIS!!!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Terharu, Kisah Menyentuh Penumpang KRL Viral di Internet

SMKN 3 Semarang Diserang Pelajar Bersajam, 4 Orang Ditangkap