in ,

Inilah 4 Penyebab Keringat Berlebih Saat Berolahraga!

Ilustrasi saat kelenjar keringat mengeluarkan keringat berlebih saat berolahraga

Biasalah.news – Cairan yang keluar dari kulit melalui kelenjar keringat merupakan bagian dari respon alami tubuh untuk menstabilkan suhu tubuh saat olahraga. Namun, beberapa orang mengakui bahwa setelah berolahraga tubuh mereka justru mengeluarkan keringat berlebih.

Jadi apa yang menyebabkan ini? Untuk lebih jelasnya, coba simak ulasannya di bawah ini.

Berkeringat merupakan bagian penting dari olahraga karena proses pendinginan suhu tubuh sedang berlangsung.

Beberapa orang merasakan manfaatnya karena merasa lebih segar dan sehat setelah keringat keluar dari tubuh.

Namun sebagian lainnya mengaku tidak nyaman karena keringatnya banyak dan berlebihan. Tidak jarang mereka merasa malu, apalagi saat berolahraga di depan umum.

Dalam hal ini, ada berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan keringat berlebih, dan penyebabnya tidak selalu berdasarkan masalah medis.

Berikut penyebab keringat berlebih saat berolahraga, menurut laman Insider.

Baca Juga: 5 Tips Latihan Lari Turunkan Berat Badan

Pakaian yang Anda kenakan dapat memengaruhi seberapa banyak Anda berkeringat saat berolahraga.

Terutama pada pakaian ketat, panas tubuh dapat dengan mudah terperangkap sehingga menyebabkan keringat berlebih, dibandingkan dengan pakaian yang lebih longgar.

Pakaian ketat ini membatasi aliran udara dan memerangkap panas tubuh, kata Jack Craig, pelatih pribadi di Inside Bodybuilding.

Ilustrasi saat kelenjar keringat mengeluarkan keringat berlebih saat berolahraga

Kondisi ini, pada gilirannya, menyebabkan tubuh menjadi lebih panas saat berolahraga, sehingga menyebabkan keringat berlebih.

Untuk menghindari keringat berlebih saat berolahraga, pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sedikit longgar, seperti katun atau linen.

Makan sebelum berolahraga juga bisa menyebabkan keringat berlebih saat berolahraga.

Apalagi jika kita makan terlalu banyak dapat menyebabkan sistem pencernaan bekerja dan meningkatkan suhu inti tubuh, sehingga kita akan lebih banyak berkeringat di awal berolahraga.

Meskipun penting untuk makan sebelum berolahraga, kita beristirahat setidaknya dua jam sebelum akhirnya melakukan aktivitas fisik ringan atau sedang dan jangan berlebihan makan, sehingga akan lebih baik jika makan dalam porsi sedikit namun bergizi lengkap.

Selain itu, banyak faktor biologis yang dapat berperan dalam peningkatan produksi keringat.

Menurut Caleb Backe, pelatih pribadi dan pakar kesehatan di Maple Holistics, faktor biologis mulai dari berat badan dan tingkat kebugaran seseorang hingga massa otot juga dapat memengaruhi seberapa banyak Anda berkeringat saat beraktivitas.

“Orang yang lebih berat cenderung lebih banyak berkeringat karena menghasilkan lebih banyak panas saat berolahraga.”

“Tubuh yang lebih besar juga memiliki luas permukaan yang lebih banyak, sehingga tubuh merespons suhu yang lebih dingin dengan berkeringat,” jelas Backe.

Kemungkinan lain dari keringat berlebih saat berolahraga adalah kondisi yang disebut hiperhidrosis.

Hiperhidrosis membuat kelenjar keringat terlalu aktif, mengakibatkan keringat lebih dari yang diperlukan untuk mengatur suhu tubuh.

“Jika Anda berkeringat berlebihan karena hiperhidrosis, sebaiknya temui dokter untuk mengatasinya,” kata David Nazaria, direktur medis Hormone Replacement Therapy di Los Angeles.

Sumber: Kompas.com

Buat Website GRATIS!!!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Video Yang Dikira ‘Pesta LGBT’ Faktanya Hanya Acara Valentine

Hewan-hewan paling pemberani di dunia

4 Hewan Paling Pemberani di Dunia, Jawabannya Bukan Singa!