in

Helikopter Porak-Porandakan Tenda Korban Gempa Cianjur?

#image_title

Biasalah.news – Unggahan video yang memperlihatkan helikopter memporak-porandakan tenda pengungsi korban gempa di Cianjur viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun Facebook pada Jumat, 25 November 2022. “Tenda pengungsian korban gempa bumi Cianjur berterbangan ketika pesawat helikopter datang membawa bantuan Lewat darat akses susah , pakai helikopter tenda pada rusak,” tulis keterangan video.

Dalam video, tampak helikopter yang membawa bantuan untuk korban gempa di Cianjur tersbeut terbang terlalu rendah, sehingga menimbulkan angin kencang.

Akibatnya, tenda dan barang milik para pengungsi beterbangan. Tidak hanya itu, perbekalan penyelamat juga terlihat dijatuhkan dari atas helikopter. Helikopter itu ditemukan dan milik Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas).

Basarnas minta maaf

Saat dikonfirmasi kabar tersebut, Koordinator Humas Basarnas Anjar Sulistiyono mengirimkan link artikel yang berisi permintaan maaf dari Basarnas RI Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi atas kejadian tersebut.

Baca Juga : Penampakan Kilat Cahaya di Purwakarta Sebelum Gempa Cianjur

“Memang kemarin terjadi ada video viral kalau ada tenda yang terbang akibat distribusi kita. Yang pertama saya harus minta maaf bahwa niatan kita baik, memang ada kesalahan dalam pendekatan,” kata Henri.

Menurutnya, situasi setempat di lapangan sangat sulit untuk menyalurkan bantuan. Oleh karena itu, helikopter Bassanas harus mendekat.

“Mengapa hal ini bisa terjadi karena memang sulitnya daerah itu untuk di dekati oleh helikopter. Desa itu seperti pulau yang dikelilingi lembah dan kita berupaya mendekatinya pelan-pelan sedekat mungkin, karena kalau dijatuhkan, jatuhannya itu akan di lembah dan akan mempersulit mereka untuk mengambil,” terangnya.

Kondisi tenda pengungsian, lanjutnya, tidak baik.”Mohon maaf tendanya hanya sekedar diikat dan terbanglah,” imbuhnya. Anjar mengatakan, tim Basarnas juga menggunakan helikopter untuk menyalurkan bantuan di Desa Telaga, Kecamatan Cugenang pada Kamis, 24 November 2022.

Diputuskan untuk tidak menggunakan helikopter karena lokasinya belum terjangkau bantuan transportasi darat. Menurutnya, daerah itu diterjunkan dari helikopter karena medannya tidak memungkinkan untuk mendarat.

“Untuk bantuan sudah dilakukan packing sebaik mungkin, sehingga ketika jatuh dari ketinggian hanya mengalami kerusakan minor, tetapi bantuan bisa segera diterima dan dirasakan/termanfaatkan oleh warga yang membutuhkan,” kata dia, saat dihubungi, Selasa (29/11/2022).

Buat Website Mudah dan Cepat 

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

motor matic suzuki addres terbaru

Super Irit!! Motor Matic Suzuki Address Terbaru Tembus Jarak 270 km Dengan Sekali Isi Full Tank

tipe kepribadian

Suka Mie?? Ketahui 4 Tipe Kepribadian Sesuai Rasa Mie Instant Favoritmu