in

Dosen Unair: Ada Peran Media dalam Viralnya Lato-Lato

#image_title

Biasalah.news – Permainan lato-lato yang tengah viral itu adalah sebuah permainan dari plastik polimer.

Permainan ini terdiri dari dua pendulum yang dihubungkan dengan tali atau benang nilon. Kemudian, di bagian tengah tali terdapat sebuah lingkaran yang berfungsi sebagai pegangan untuk menggerakkan kedua pendulum.

Permainan lato-lato bekerja dengan cara memukulkan dua pendulum secara bersamaan untuk menghasilkan suara “tek tek” yang terus menerus.

Sebenarnya, lato-lato adalah permainan yang berasal dari Argentina dan merupakan senjata paling terkenal yang digunakan oleh para pemburu atau gaucho di Amerika Selatan.

permainan lato-lato yang sedang viral pada akhir tahun 2022

Ikhsan Rosyid Mujahidul Anwari, Guru Besar Sejarah Universitas Airlangga (Unair), menanggapi viralnya game lato-lato.

Menurutnya, di setiap zaman tentu ada permainan yang tiba-tiba populer.

Lato-lato sendiri saat ini baru populer belakangan ini di Indonesia.

“Ngomong-ngomong, sekarang main lato-lato. Siapapun yang mempopulerkan game ini, salah satunya produsen permainan anak-anak, dan saya rasa ke depannya akan terulang lagi,” ujarnya di laman Unair, Selasa (3/1/23).

Ia melanjutkan, popularitas permainan lato-lato banyak dipengaruhi oleh media teknologi sehingga membuat permainan tersebut dikenal banyak orang.

Baca Juga: Sejarah Mainan Lato Lato yang Sedang Viral di Berbagai Daerah

Namun, kelangsungan hidup sebuah permainan sangat bergantung pada kesuksesan permainan selanjutnya.

Oleh karena itu, permainan lato-lato akan terus berlanjut hingga muncul permainan-permainan baru lainnya dan menjadi tren di era selanjutnya.

Adapun nilai-nilai permainan lato-lato, menurutnya nilai-nilai permainan anak-anak semuanya sama, termasuk semua nilai kesenangan, interaksi dan kompetisi.

“Juga, lato-lato ini menyebar dengan cepat setelah pandemi. Anak dapat berinteraksi, menjadikan permainan ini sebagai media interaksi mereka. Di luar itu, nilai kompetitif dalam permainan adalah tentang kemampuan atau keterampilan mereka, sehingga akan ada turnamen dan kompetisi lainnya,” ujarnya.

Sumber: Kompas.com

Buat Website GRATIS!!!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

UPDATE! 8 Software Web Design Terbaik Tahun 2023

fitur baru telegram

Telegram Tambah Fitur-Fitur Baru, Ada Fitur Anti-Spoiler