in

Bukan “Kiyuris” atau “Kiris”, Berikut Pengucapan QRIS yang Benar

#image_title

Biasalah.news – Heboh di media sosial soal penyebutan QRIS. Ada yang menyebut QRIS ‘kiyuris’, ‘kiris’ atau Oris.

Sekadar informasi QRIS ini adalah qr Indonesian standard yang dibuat oleh Bank Indonesia (BI) untuk sistem pembayaran yang saling tersambung.

Dengan QRIS ini maka mobile banking atau e-wallet bisa digunakan dengan satu QR yang sama. Sehingga tak perlu lagi mengunduh banyak aplikasi jika ingin melakukan pembayaran.

Lalu bagaimana pengucapan yang benar?

Kepala Grup Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) BI, Fitria Irmi Triswati mengungkapkan pengucapan QRIS ini adalah Kris.

“Pengucapan QRIS yang benar adalah ‘KRIS’ bukan kiyuris, kiris atau Oris ya,” kata Fitria, Kamis (16 November 2022).

Baca Juga: Berikut Daftar Distributor Resmi Materai Elektronik Serta Cara Beli dan Pakainya

QRIS ini diluncurkan oleh BI dan asosiasi sistem pembayaran Indonesia (ASPI) dan lembaga jasa keuangan pada 17 Agustus 2019 lalu.

Kala itu Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan QRIS ini memiliki tujuan untuk efisiensi transaksi, percepatan inklusi keuangan, memajukan UMKM yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Perry menjelaskan QRIS adalah transaksi QR asli Indonesia. “Pertanda Indonesia negara maju modern akan lebih berpendapatan tinggi, suatu standar yang diterapkan secara nasional. Yang disebut QRIS Unggul,” ujarnya.

QRIS mengusung semangat UNGGUL yang mengandung makna UNiversal, GampanG, Untung, dan Langsung.

Masyarakat bisa menggunakan QRIS secara nasional akan berlaku efektif mulai 1 Januari 2020. Hal tersebut dilakukan dengan maksud memberikan masa transisi persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Buat Website Murah dan Cepat

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

6 Pemimpin Negara Anggota G20 Terkaya, Berikut Daftarnya

Asus Zenfone 9: Berikut Spesifikasi dan Harganya di Indonesia