in

8 Tips Agar Kondisi Keuangan Lebih Baik di 2023

#image_title

Biasalah.news – Tahun 2023 tinggal menghitung hari. Namun, banyak orang belum berhasil mengelola keuangan mereka dengan baik.

Nah, kalau kamu salah satunya maka tak perlu khawatir. Tim detikcom akan membagikan beberapa trik keuangan yang bisa kamu ikuti di tahun depan.

Mengelola keuangan tentu menjadi hal penting bagi semua orang, khususnya bagi yang sudah memiliki penghasilan sendiri. Dengan pengelolaan uang yang baik, kamu akan mendapat manfaat yang maksimal.

Melansir dari HaiBunda, Sabtu (10 Desember 2022), dalam mengelola keuangan, tentunya kamu juga membutuhkan strategi dan mengikuti langkah-langkahnya dengan baik. Mulai dari membuat anggaran keuangan, menabung, hingga mencatat keluar masuknya dana.

“Agar finansial kita dapat membaik di tahun 2023, kita harus memastikan pondasi keuangan kita sudah oke,” kata Sayoga Risdya Prasetyo, perencana keuangan dari Finante.id.

Pondasi keuangan tersebut di antaranya, pendapatan lebih besar dari pengeluaran, bebas utang, punya proteksi asuransi, dan dana darurat. Sayoga mengatakan bahwa empat hal ini perlu terpenuhi jika ingin finansial membaik di tahun depan.

Tidak hanya itu, ada beberapa tips keuangan yang bisa kamu ikuti juga agar bisa mencapai finansial yang lebih baik. Simak berikut 8 tips ini:

1. Membuat Anggaran

Anggaran dana adalah hal utama yang perlu kamu lakukan dalam mengatur keuangan. Langkah yang satu ini berguna untuk membuat rincian semua kebutuhan dan keinginan yang ingin kamu capai serta mencatat prediksi pengeluaran yang dibutuhkan.

Tidak hanya anggaran keuangan saja yang perlu dibuat, tetapi juga membuat catatan keuangan. Dalam catatan keuangan, tentunya kamu perlu mencatat semua pemasukan dan pengeluaran keuangan setiap bulannya.

“Lalu, kalau sudah membuat anggaran keuangan apakah perlu membuat catatan keuangan? Tentu perlu. Dari mana kita tahu kalau rencana kita berjalan on track atau tidak? Bagaimana kita bisa tahu kalau rencana kita realistis atau tidak?” ujar Sayoga.

2. Tentukan Pos Keuangan
Menentukan pos keuangan juga menjadi salah satu langkah yang perlu kamu penuhi agar pengeluaran terorganisir dengan baik

“Pos pengeluaran yang menjadi prioritas adalah seluruh kewajiban, seperti utang cicilan, premi asuransi, dan tagihan,” tutur Sayoga.

3. Mengalokasikan Dana untuk Investasi
Jika ingin mengembangkan dana yang dimiliki, kamu bisa mulai berinvestasi. Pilihlah instrumen investasi yang paling dimengerti. Hindari memaksakan diri untuk berinvestasi atas dasar hanya ikut-ikutan, padahal tidak paham sama sekali tentang investasi tersebut.

“Bila ingin mulai berinvestasi, kami sarankan untuk mulai berinvestasi pada instrumen-instrumen yang rendah risiko terlebih dahulu. Bagi pemula, yang penting dapat experience-nya dulu. Urusan cuan belakangan,” sarannya.

4. Rutin Menabung
Menabung juga menjadi salah satu langkah yang paling penting bagi Bunda agar tetap memiliki simpanan uang untuk masa depan. Ada dua cara menabung yang bisa Bunda ikuti, yakni menabung harian dan bulanan.

“Untuk Anda yang bekerja sebagai karyawan atau pasangannya bekerja sebagai karyawan dengan pendapatan rutin bulanan, tentu lebih baik menabung bulanan saja. Sedangkan menabung harian lebih cocok untuk orang-orang yang pendapatannya harian dan cenderung tidak rutin,” ungkap Sayoga.

Baca Juga: Tarik Tunai Tanpa Kartu Kini Bisa Beda Bank!

5. Membuat Dana Darurat
Berbeda dari tabungan, Bunda juga perlu membuat pos keuangan untuk dana darurat. Tujuan utama pos ini adalah agar Bunda tidak menggunakan tabungan masa depan ketika membutuhkan sesuatu yang mendadak.

6. Hindari Utang
Menghindar dari utang tentu menjadi prioritas utama setiap orang yang ingin mencapai target finansial yang lebih baik.

“Jadi, bagi yang berencana mengambil cicilan baru, kami sarankan berkonsultasi dulu dengan perencana keuangan agar tidak salah mengambil keputusan,” kata Sayoga.

7. Usahakan Tidak Boros
Kebanyakan orang ingin memberikan self reward untuk diri mereka sendiri dengan membeli barang yang diinginkan atau jalan-jalan. Namun, tetap pada porsi yang secukupnya dan tidak berlebihan.

“Tetapi, belanjanya tentu harus berada pada batas yang normal dan tidak berlebihan. Juga, hindari berbelanja menggunakan uang yang tidak Anda miliki alias berutang,” pungkasnya.

8. Review Keuangan
Setiap bulan, Bunda perlu melakukan evaluasi keuangan agar bisa mencari kesalahan di bulan tersebut dan memperbaikinya di bulan berikutnya.

“Lebih baik setiap bulan saja. Jadi, kalau ada rencana anggaran yang tidak efektif, bisa langsung melakukan penyesuaian strategi di bulan depan,” saran Sayoga.

Buat Website Murah dan Cepat

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Jalan di Rumahmu Rusak? Bisa Lapor ke Sini Biar Cepat Diperbaiki!

Kucing dari Qatar Dibawa Pulang Inggris Setelah Gagal Bawa Trofi