in

5 Penemuan Argentina yang Lawan Prancis di Final Piala Dunia 2022

#image_title

Biasalah.news – Argentina melaju ke final Piala Dunia 2022 dan bersiap melawan Prancis. Tak cuma jago dalam sepakbola, di dunia sains dan teknologi Argentina punya sejumlah penemuan penting.

Di berbagai bidang kehidupan, penemuan Argentina telah mengubah dunia, mulai dari yang sederhana hingga canggih. Berikut adalah beberapa penemuan paling berpengaruh dari Argentina.

1. Identifikasi Sidik Jari

Pada tahun 1892, Inspektur Eduardo Alvarez membuat identifikasi sidik jari kriminal pertama. Dia dapat mengidentifikasi Francisca Rojas, seorang wanita yang membunuh kedua putranya dan memotong lehernya sendiri dalam upaya untuk menyalahkan orang lain. Temuan ini dipakai hingga sekarang terutama dalam proses penyelidikan.

2. Transplantasi Jantung Buatan Pertama

Penghargaan diberikan kepada dokter dan penemu asal Argentina Domingo Santo Liotta, yang lahir di provinsi Entre Rios dan rekannya Denton Cooley. Mereka mengembangkan jantung buatan pada tahun 1969, terbuat dari serat plastik dan sejenis poliester.

3. Colectivo

Sekelompok pengemudi taksi di tahun 1928 mengeluh tentang betapa sedikitnya pekerjaan yang mereka miliki. Secara tidak sengaja, mereka menemukan ide kendaraan yang dinamakan colectivo saat sedang berkumpul di kafe La Montaña di Rivadavia dan Carrasco.

Mereka punya ide mengadaptasi mobil taksi untuk mengangkut lebih dari satu penumpang. Pada tanggal 24 September di tahun itu, colectivo jadi alat transportasi semacam mini bus khas Argentina.

Dalam perkembangannya, sebutan colectivo dipakai di Argentina, Kolombia, Chili, dan Paraguay untuk jenis kendaraan umum. Namanya berasal dari vehículos de transporte colectivo, yang mencerminkan asal usulnya sebagai taksi bersama.

Baca Juga: Masuk Final Piala Dunia, Berikut 9 Penemuan Prancis yang Ubah Dunia

4. Lampu Lalu Lintas Bersuara

Lampu lalu lintas saja tidak cukup aman bagi tunanetra. Pasalnya, tunanetra hanya bisa mengira-ngira kapan dia aman untuk berjalan, atau mengandalkan bantuan orang lain yang ada di dekatnya. Mario Dávila terpikir untuk membuat inovasi ini di tahun 1983 untuk membantu tunanetra bisa berjalan mandiri dengan aman.

5. Pulpen

Kita harus berterima kasih kepada Argentina untuk penemuan pulpen. Inovasi ini sangat berguna dan dipakai sampai sekarang. Penemunya, László József Biró memang berasal dari Hungaria. Namun ia berada di tanah Argentina ketika inovasinya membuat pulpen sukses. Penemuan László menjadi bagian dari identitas nasional Argentina dan dirayakan sebagai salah satu penemuan yang mengubah dunia di Hari Penemu di Argentina setiap tahunnya.

Buat Website Murah dan Cepat

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Daftar Hadiah Piala Dunia 2022, Juaranya Dapat Rp 600-an Miliar!

Youtube Blokir Channel Pornhub!, Ada Apa?